yoldash.net

Pelindo Pindahkan Data ke Swasta Demi Antisipasi Serangan Siber

Pelindo memindahkan sebagian datanya dari Pusat Data Nasional (PDN) ke tempat penyimpanan swasta Amazon Web Service (AWS).
Pelindo memindahkan sebagian datanya dari Pusat Data Nasional (PDN) ke tempat penyimpanan swasta Amazon Web Service (AWS). (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).

Jakarta, Indonesia --

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memindahkan sebagian datanya dari Pusat Data Nasional (PDN) ke tempat penyimpanan swasta Amazon Web Service (AWS).

"IT Pelindo pada saat merger menggunakan single sistem untuk front end yaitu bertahap untuk petikemas 1, nonpetikemas 1, marine 1. Kita juga secara bertahap juga ditembak ke cloud," kata Arif, dikutip dari detikfinance.

Menurut Arif, keputusan memindahkan sebagian data ke perusahaan swasta berkaca pada kondisi masa lalu. Di mana Pelindo pernah beberapa kali terkena serangan siber.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, penyimpanan data di cloud dinilai lebih aman. Sebab data disimpan per ruangan sehingga dinilai proteksinya akan lebih tinggi.

ADVERTISEMENT

"Kalau cloud relatif lebih aman karena kemarin juga kami sempat keserang juga," kata dia.

Selain itu, pemindahan juge bertujuan mengantisipasi kemungkinan terburuk di masa memdatang. Apalagi serangan siber bisa melumpuhkan kegiatan mereka, contohnya pernah terjadi di Pelabuhan Besar di Australia.

"Sekitar tahun lalu hampir pelabuhan besar kena serangan persis seperti ini, Australia terakhir sempat berhenti operasi," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat