yoldash.net

Kalla Group Bakal Bangun 6 PLTA Baru

Kalla Group bakal membangun enam Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk beberapa tahun ke depan.
Kalla Group bakal membangun enam Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk beberapa tahun ke depan. (Tangkapan layar web kalla.co.id).

Jakarta, Indonesia --

Kalla Group bakal membangun enam Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk beberapa tahun ke depan.

Pembangunan enam pembangkit listrik energi hijau itu menyusul suksesnya dua PLTA Kalla Group yang telah beroperasi sebelumnya yakni PLTS Poso dengan kapasitas total 515 megawatt (MW) dan PLTA Malea 90 MW di Poso, Sulawesi Tengah.

"Fokus (Kalla) mengembangkan PLTA. Secara target total kami rencanakan 2.000 MW, yang operasi baru 500-an sehingga konstruksi fokus ke sana," ucap Direktur Konstruksi Kalla Group Kamaluddin di Jakarta, Selasa (11/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia merinci keenam PLTA yang akan dibangun adalah PLTA Poso 3 dengan kapasitas 400 MW, PLTA Poso 4 dengan kapasitas 30 MW, dan PLTA Kerinci, Jambi, dengan kapasitas total 350 MW.

ADVERTISEMENT

Kemudian, PLTA Mamuju Atas, Sulawesi Barat dengan kapasitas total 90 MW, PLTA Mamuju Bawah dengan kapasitas total 360 MA dan PLTA BMS, Sulawesi Selatan dengan kapasitas 225 MW.

Kamaluddin mengklaim investasi yang dibutuhkan untuk membangun keenam PLTA di atas sekitar Rp30 triliun.

"Mungkin kalau untuk pembangunan Rp30 triliun kurang lebih ya, saya tidak tahu persisnya," kata dia.

Saat ini, Kalla Group baru mengoperasikan dua PLTA, yakni Poso dan Malea.

Dengan total kapasitas 515 MW, PLTA Poso yang berada di Poso, Sulawesi Tengah, merupakan pembangkit EBT terbesar di Indonesia Timur yang dibangun dan dioperasikan oleh PT Poso Energy, anak usaha Kalla Group.

Sementara PLTA Malea berkapasitas 90 MW yang berada di Tana Toraja, Sulawesi Selatan dikembangkan oleh PT Malea Energy, anak usaha PT Bukaka Teknik Utama.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat