yoldash.net

Boeing Ungkap Perkembangan 24 Pesawat Tempur yang Dipesan Prabowo

Boeing tengah menyelesaikan 24 pesawat tempur F-15EX yang dipesan Menhan Prabowo Subianto. Mereka pede pesawat bisa meningkatkan pertahanan Indonesia.
Boeing tengah menyelesaikan 24 pesawat tempur F-15EX yang dipesan Menhan Prabowo Subianto. Mereka pede pesawat bisa meningkatkan pertahanan Indonesia. (AFP Photo/Jim Watson).

Jakarta, Indonesia --

Produsen pesawat asal Amerika Serikat (AS), Boeing mengungkapkan tengah menyelesaikan 24 pesawat tempur F-15EX pesanan pemerintahan Indonesia yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertahanan.

Country Managing Director Boeing Indonesia Zaid Alami mengatakan pesanan yang diajukan langsung oleh Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto tengan dalam tahap finalisasi.

"Kami saat ini bekerja dengan pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan penjualan (24 unit) tersebut," ujarnya dalam bincang media di Kantor Boeing Indonesia, Senin (10/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Zaid menyatakan pesawat tempur yang dipesan oleh Prabowo itu dibuat di St.Louis dan diyakini sangat tepat untuk membantu meningkatkan pertahanan Indonesia.

ADVERTISEMENT

"Kami sangat bangga dengan produk itu dan kami percaya ini adalah produk yang sempurna untuk meningkatkan kemampuan pertahanan Indonesia," jelasnya.

Boeing juga berharap kerja sama yang sudah terjalin sejak 1949 dengan Indonesia bisa berlanjut hingga puluhan tahun ke depan. Bahkan, Boeing ingin ikut membantu Indonesia mencapai visi Indonesia Emas 2045.

"Kami juga sangat berkomitmen untuk memperluas kemitraan yang telah terjalin selama 75 tahun ini untuk seterusnya dan membantu untuk menjadi pemain utama dalam visi Indonesia Emas 2045," pungkasnya.

Pada Agustus 2023 lalu, Kementerian Pertahanan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) untuk pengadaan 24 pesawat tempur F-15EX.

Penandatanganan itu dilakukan di The Boeing Company, St. Louis, Missouri. Momen itu diunggah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melalui akun Instagram pribadi, Selasa (22/8).

Dalam unggahan tersebut, terlihat Prabowo menyaksikan penandatanganan MoU oleh Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan, Marsekal Muda Yusuf Jauhari. Prabowo juga sempat menengok unit pesawat tempur tersebut di kantor Boeing.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat