yoldash.net

Bukti Komitmen Inovasi Telkomsel, Pertama Adopsi Wi-Fi 7 di Indonesia

Telkomsel dan Kominfo telah menyelesaikan validasi teknologi Wi-Fi 7 pertama di Indonesia, membuka era baru kecepatan internet hingga 10 Gbps.
Ilustrasi Wi-Fi 7. (Foto: Arsip Telkomsel)

Jakarta, Indonesia --

Telkomsel, bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), telah menyelesaikan validasi teknologi Wi-Fi 7 pertama di tanah air. Hal ini menandakan langkah maju yang signifikan dalam membawa Indonesia menuju era internet berkecepatan tinggi, hingga 10 Gbps.

Wi-Fi 7, sebagai generasi terbaru dari teknologi Wi-Fi, menghadirkan berbagai keunggulan yang luar biasa. Kecepatan internet yang jauh lebih tinggi, kapasitas pengguna yang lebih banyak, latensi yang lebih rendah, dan penghematan energi yang lebih baik, menjadi beberapa poin penting yang ditawarkan.

Dalam uji coba yang dilakukan bersama mitra teknologi global, Telkomsel dan Kominfo menggunakan perangkat jenis Low Power Indoor (LPI).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hasilnya menunjukkan kinerja dan stabilitas Wi-Fi 7 yang melampaui ekspektasi. Pengalaman jaringan pun diprediksi akan meningkat secara signifikan dengan hadirnya teknologi ini.

Direktur Penataan Sumber Daya Direktorat Jenderal SDPPI Kominfo, Denny Setiawan, menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus memperkenalkan perkembangan terbaru dalam evolusi teknologi di Indonesia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pengalaman akses internet bagi masyarakat.

ADVERTISEMENT

"Selain itu, kami juga memberikan kesempatan dan mendorong penyelenggara telekomunikasi, termasuk Telkomsel, untuk terus berinovasi menghadirkan layanan dengan standar teknologi terbaru bagi pelanggannya. Kolaborasi berkesinambungan ini diharapkan dapat membantu mempercepat pencapaian Visi Indonesia Digital 2045," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (10/6).

Di sisi lain, Vice President Technology Strategy and Consumer Product Innovation Telkomsel, Ronald Limoa, menyampaikan bahwa inisiatif perusahaan dalam mengintegrasikan teknologi terbaru melalui validasi Wi-Fi 7 merupakan langkah konkret yang selaras dengan visi Telkomsel untuk menjadi pemimpin di sektor layanan telekomunikasi di regional.

"Menggandeng Kominfo dan sejumlah mitra teknologi global, kami terus berupaya menciptakan terobosan yang dapat menggerakkan kemajuan ekosistem digital dan transformasi industri telekomunikasi Indonesia," imbuh dia.

Dirinya melanjutkan, sebagai pelopor dalam penerapan teknologi Wi-Fi 7 di Indonesia, Telkomsel berambisi untuk terus membuka peluang peningkatan kualitas layanan dan memberikan pengalaman digital yang lebih unggul bagi setiap individu, rumah tangga, dan bisnis, dengan cara yang inklusif dan berkelanjutan.

Dengan meningkatnya kebutuhan produktivitas dan gaya hidup digital pelanggan, teknologi Wi-Fi 7 yang lebih cepat dan stabil dapat meningkatkan kelancaran dan efisiensi.

Teknologi ini juga akan menghadirkan pengalaman jaringan yang menjawab kebutuhan koneksi internet berkecepatan tinggi, khususnya pada saat berada di rumah atau kantor.

Sebagai teknologi inti terkini yang dapat melengkapi solusi jaringan internet rumah, Wi-Fi 7 pun akan mendorong pengembangan jaringan Telkomsel bersama keahlian dan inovasi berkelanjutan para mitra teknologi globalnya.

Pemerintah berharap agar inovasi berkelanjutan yang berkembang di ranah global tersebut dapat turut diadopsi dan diambil manfaatnya untuk Indonesia. Salah satunya dengan memberikan tambahan kontribusi pada ekosistem perangkat yang melibatkan industri dalam negeri.

Maka dari itu, regulasi penataan frekuensi pun akan terus dimutakhirkan mengikuti perkembangan teknologi demi daya saing bangsa Indonesia.

(rir/rir)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat