yoldash.net

Luhut Ungkap Isi Pembicaraan Jokowi dan Elon Musk di Sela WWF

Menko Marves Luhut Pandjaitan mengungkapkan isi pertemuan Presiden Jokowi dan CEO SpaceX Elon Musk di sela-sela gelaran World Water Forum ke-10 di Bali.
Menko Marves Luhut Pandjaitan mengungkapkan isi pertemuan Presiden Jokowi dan CEO SpaceX Elon Musk di sela-sela gelaran World Water Forum ke-10 di Bali. (CNN Indonesia/ Sakti Darma Abhiyoso).

Nusa Dua, Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan isi pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan CEO SpaceX Elon Musk di sela-sela gelaran World Water Forum ke-10 di Bali. Keduanya disebut membicarakan investasi landasan peluncuran roket (launchpad) di Biak dan baterai lithium.

"Waktu ketemu bapak presiden, hampir sejam lebih saya kira, itu bicara mengenai launching pad di Biak. Karena kan dia me-launch roketnya dia itu 150 roket setahun, hampir setiap hari satu roket. Presiden menawarkan untuk memakai Biak, dia nanya apakah di situ ada gas," ujar Luhut menceritakan pertemuan tersebut di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Selasa (21/5).

"Saya bilang ada Bintuni, itu bisa ditarik pipa juga," imbuhnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski demikian, Luhut menyebut penawaran tersebut tidak akan dieksekusi dalam waktu dekat. Pasalnya, launchpad atau landasan peluncuran roket yang ada sekarang, seperti Capecanaveral masih digunakan.

ADVERTISEMENT

Namun, kata Luhut, tawaran Jokowi terkait launchpad ini membuat Musk memiliki alternatif baru.

Selain terkait launchpad, Jokowi juga menawarkan Musk untuk berinvestasi baterai lithium dan turunan-turunannya.

"Yang kedua, presiden juga menawarkan kalau dia mau investasi lithium baterai, atau turunan-turunan juga dari lithium baterai seperti anoda, katoda. dan lain sebagainya," tutur Luhut.

"Karena EV itu, Amerika akan menaikkan 11 kali sampai tahun 2030, jumlah mobil EV di Amerika. Tanpa bantuan nikelnya Indonesia, itu tidak akan pernah bisa tercapai. Dan kita ingin berkolaborasi," tambahnya.

Jokowi dan Musk bertemu di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum ke-10 yang berlangsung di Bali International Convention Center, Senin (20/5).

Selain membahas investasi, keduanya juga membahas hal lain seperti akselerasi transformasi digital.

"Pak Musk, Indonesia saat ini sedang menjalani percepatan transformasi digital nasional dan membuka banyak potensi investasi di sektor infrastruktur, teknologi pemerintahan, ekonomi digital, dan masyarakat digital," kata Jokowi dalam keterangan pers, Senin (20/5).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga mengapresiasi Musk atas keikutsertaannya sebagai pembicara di forum tersebut dan membahas pentingnya pengelolaan air.

Tak hanya mengikuti gelaran air internasional, Musk juga turut meresmikan layanan internet satelit miliknya, Starlink, di Bali pada Minggu (19/5).

[Gambas:Video CNN]



(lom/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat