yoldash.net

Menteri ESDM soal Prabowo Pede Produksi B100: Harus Ada Penelitian

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyebut perlu ada penelitian untuk mengeksekusi janji Prabowo Subianto memproduksi biodiesel berbahan baku 100 persen minyak sawit.
Menteri ESDM soal Target Prabowo RI Produksi B100: Harus Penelitian, Kita Kan Baru B35 (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA).

Jakarta, Indonesia --

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif merespons janji Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto soal Indonesia yang ditargetkan mampu memproduksi biodiesel berbahan baku 100 persen minyak sawit atau B100.

Arifin menyebut perlu ada penelitian ilmiah lebih lanjut serta demonstrasi sebelum mengeksekusi rencana itu. Adapun menurutnya saat ini Indonesia baru bisa mengembangkan campuran minyak nabati sawit dalam solar sebesar 35 persen.

"Kita harus melakukan penelitian dari laboratorium kemudian demonstrasinya," kata Arifin di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (16/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kita kan baru saja dari B30, B35, ini sekarang mau ke B40 nih," imbuhnya.

ADVERTISEMENT

Di sisi lain, Arifin juga mengamini bahwa Indonesia harus bisa swasembada energi atau memanfaatkan dengan baik dan bijak seluruh sumber daya alam Indonesia yang melimpah, serta mengamankan kebutuhan energi.

Saat ini, Kementerian ESDM menurutnya juga telah siap meluncurkan biodiesel B40. Namun mereka masih menunggu kesiapan dari Kementerian/Lembaga terkait lainnya.

"Mudah-mudahan tahun depan bisa ke B40," ujar Arifin.

Prabowo Subianto sebelumnya berjanji membawa Indonesia swasembada energi kala terpilih jadi presiden. Ia yakin Indonesia bisa mewujudkan itu, salah satunya melalui produksi biodiesel B100.

Prabowo menyebut dengan memproduksi B35, Indonesia bisa menghemat anggaran impor BBM sebesar US$10 miliar per tahun. Dengan produksi B100, katanya, anggaran yang dihemat bisa mencapai US$25 miliar per tahun.

Di lain kesempatan, ia juga berjanji akan menyetop impor Bahan Bakar Minyak (BBM). Menurutnya, upaya itu akan dilakukan dengan menggenjot swasembada energi domestik dengan memproduksi BBM berbahan baku biofuel.

Prabowo mengatakan kebutuhan solar nantinya bisa dipenuhi dari kelapa sawit. Kemudian bensin katanya bisa 100 persen berasal dari tebu.

[Gambas:Video CNN]



(khr/agt)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat