yoldash.net

Pemerintah Targetkan Peserta Prakerja Capai 1,14 Juta Penerima di 2024

Program Kartu Prakerja ditargetkan menyasar 1,14 juta peserta pada 2024. Sementara anggarannya pada tahun ini mencapai Rp5 triliun.
Program Kartu Prakerja ditargetkan menyasar 1,14 juta peserta pada 2024. Sementara anggarannya pada tahun ini mencapai Rp5 triliun. (Foto: ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)

Jakarta, Indonesia --

Program Kartu Prakerja ditargetkan menyasar 1,14 juta peserta pada 2024. Sementara anggarannya pada tahun ini mencapai Rp5 triliun.

Direktur Pemantauan dan Evaluasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Cahyo Pribadi mengatakan saat ini jumlah peserta Prakerja telah mencapai 850 ribu.

"Sebenarnya sedikit lagi mencapai target kita 1,14 juta peserta," katanya dalam Rilis Laporan Pelaksanaan Program Kartu Prakerja 2023, Rabu (15/4).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara itu, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Jumat Susiwijono Moegiarso mengatakan pelatihan di Prakerja telah diakses lebih dari 18 juta sejak diluncurkan pada 2020, sedangkan yang mendaftar lebih dari 100 juta orang. Program ini katanya telah diterapkan di 514 kabupaten/kota.

ADVERTISEMENT

Susi mengatakan pemerintah akan memprioritaskan program yang memang bermanfaat, meski ada keterbatasan fiskal. Misalnya saat pembelian vaksin saat pandemi covid-19 di mana sempat terjadi perdebatan. Namun pemerintah kemudian memutuskan membeli vaksin karena sangat dibutuhkan.

Pertimbangan seperti itu juga lah yang akan dilakukan pemerintah terhadap setiap program, termasuk Prakerja.

"Apapun itu, keterbatasan fiskal tidak menghalangi program penting yang akan kita buat untuk republik ini. Jadi selalu ada cara," katanya.

Program Prakerja berlaku dari semi bansos menjadi skema normal mulai 2023 dengan nilai manfaat kepada penerima sebesar Rp4,2 juta per orang. Jumlah itu terbagi dalam beasiswa pelatihan Rp3,5 juta, insentif menyelesaikan pelatihan Rp600 ribu, dan insentif menyelesaikan dua kali pengisian survei Rp 100 ribu.

Masyarakat berusia 18-64 tahun dipersilakan mendaftar melalui www.prakerja.go.id dengan cara berikut:

1. Login www.prakerja.go.id
2. Siapkan Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan data diri lengkap
3. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses verifikasi akun
4. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar
5. Setelah mengikuti tes secara online, klik 'Gabung' pada gelombang Prakerja yang dibuka.
6. Tunggu pengumuman lolos program Beasiswa Pelatihan Prakerja.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat