yoldash.net

Mentan Harap Sulbar Bisa Jadi Pemasok Pangan Penduduk IKN

Mentan Amran Sulaiman berharap Sulawesi Barat bisa menjadi pemasok pangan penduduk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Mentan Amran Sulaiman berharap Sulawesi Barat bisa menjadi pemasok pangan penduduk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)

Jakarta, Indonesia --

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berharap Sulawesi Barat (Sulbar) bisa menjadi pemasok pangan penduduk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menurut Amran, kedaulatan pangan di Sulbar adalah hal yang penting seiring dengan kebutuhan pangan yang akan segera meningkat ketika IKN didatangi oleh penduduk baru.

"Harapan kita nanti Sulawesi Barat mandiri pangan, berdaulat, bila perlu ekspor. Sulbar ini adalah wilayah strategis, bisa mensuplai Makassar yang menjadi pintu gerbang Indonesia Timur juga nanti mensuplai IKN yang penduduknya nanti akan bertambah 1-2 juta orang," ujar dia melalui keterangan resmi, Senin (13/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yang menyiapkan makannya adalah Sulbar," sambungnya.

ADVERTISEMENT

Hal itu ia ucapkan usai memberikan bantuan benih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar demi meningkatkan produksi padi, jagung, kopi dan kakao di wilayah Indonesia Timur.

"Hari ini Kementan memberikan bantuan benih 10 miliar, ada 5.000 hektare untuk benih padi dan 5.000 hektare untuk benih jagung gratis dari pusat. Ada traktor, ada bibit kopi dan kakao yang kita siapkan untuk Pak Gubernur (Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh) dan rakyat Sulawesi Barat," tutur Amran.

Selain memberikan bantuan benih padi dan jagung, Kementan juga memberikan bantuan benih kopi untuk 600 hektare, benih kakao untuk 500 hektare, serta alsintan seperti traktor untuk meningkatkan produksi sektor pertanian dan perkebunan di Sulbar.

Dalam kesempatan yang sama, Zudan mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Kementan untuk perkembangan pertanian di Sulbar. Menurutnya, ini adalah kesempatan besar untuk mengembangkan sektor pertanian dan meningkatkan penghasilan petani Sulbar.

Zudan mengatakan bahwa pemprov akan segera melakukan rapat dengan pemerintah daerah kabupaten dan kota Sulbar untuk membahas teknis pembagian bantuan benih padi dan jagung. Selain itu, ia juga akan segera melaksanakan permintaan Kementan untuk membantu membuka sekitar 3 juta hektare lahan pangan yang baru.

"Kami ingin mengubah keadaan, Sulbar yang selama ini disuplai Sulsel, mudah-mudahan ke depan Sulbar bisa ikut mensuplai Sulsel dan IKN. Saya optimis 100 persen produksi kita akan meningkat. Dengan kemampuan penuh SDM di Sulbar yang sedang sangat bersemangat akan dengan cepat terwujud," kata Zudan.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat