yoldash.net

Pesan Pengusaha Sawit ke Prabowo: Jangan Sampai Rugikan Kita

Pengusaha sawit punya pesan khusus bagi Prabowo Subianto selaku presiden Indonesia terpilih untuk periode 2024-2029; jangan rugikan mereka lewat program B50.
Pengusaha sawit punya pesan khusus bagi Prabowo Subianto selaku presiden Indonesia terpilih untuk periode 2024-2029; jangan rugikan mereka lewat program B50. (tangkapan layar youtube KPU RI).

Jakarta, Indonesia --

Pengusaha sawit punya pesan khusus bagi Prabowo Subianto selaku presiden Indonesia terpilih untuk periode 2024-2029.

Terlebih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka punya target khusus terkait bahan bakar hijau. Keduanya mematok program biodiesel B35 yang saat ini eksis bisa digenjot hingga B50 di 2029 nanti.

Namun, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Eddy Martono menilai saat ini sudah cukup di level B35. Ia mengacu pada produksi crude palm oil (CPO) di dalam negeri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jangan sampai justru merugikan kita. Makanya saya melihat, sementara B35 sudah okelah dengan produksi saat ini. Kalau B40 mesti dilihat lagi, kira-kira seperti apa, apalagi nanti B50 itu pasti sudah mengurangi porsi ekspor," kata Eddy dalam Halalbihalal Gapki di Shangri-La, Jakarta Pusat, Selasa (30/4).

ADVERTISEMENT

Eddy merinci program B35 setidaknya menyedot 12 juta ton produksi CPO per tahun. Jika dinaikkan ke B40, ia memperkirakan kebutuhannya akan meningkat hingga 13 juta ton-14 juta ton setiap tahunnya.

Di saat yang bersamaan, konsumsi untuk pangan juga naik sekitar 11 juta ton. Eddy menyebut produksi CPO yang dibutuhkan berarti akan bertambah hingga 25 juta ton per tahun.

"Produksi kita CPO saja masih sekitar 50 juta ton. Ini (dampak) memang menjadi ekspor kita maksimal di sekitar 30 juta ton, maksimal karena ada stok dan lain-lain. Bahkan, malah (porsi ekspor) bisa berkurang (dengan peningkatan B35 ke B40)," tutur Eddy.

Eddy lantas mewanti-wanti gejolak harga yang akan timbul di pasar. Menurutnya, ancaman juga bisa terjadi di taraf global.

Ia khawatir permintaan minyak nabati dunia akan naik karena suplai yang tidak bagus. Ketika terjadi kenaikan harga global, termasuk minyak sawit, Eddy menyebut ini juga akan berdampak ke Indonesia.

"Jangan sampai nanti ini naik (harga minyak nabati dunia), dikenakan lagi kebijakan tidak kondusif. Jangan sampai kita maksudnya bagus, tapi gak melihat secara komprehensif. Akibatnya, menaikkan harga minyak dunia dan efeknya akan ke kita juga," khawatir Gapki.

"Kita pengusaha bukan senang harga minyak naik, kita yang wajar saja. Jangan sampai terjadi (kenaikan harga) ekstrem, kita juga susah. Begitu harga tiba-tiba naik seperti itu akan susah," tandasnya.

Prabowo-Gibran memang punya mimpi besar terkait sektor energi Indonesia. Pada buku visi misinya yang berjudul 'Prabowo Gibran 2024 Bersama Indonesia Maju', pasangan ini menyebut pencapaian swasembada pangan, energi, dan air harus dilakukan secara cepat dan seksama.

Mereka yakin Indonesia berpeluang menjadi raja energi hijau dunia. Ini akan ditempuh melalui pengembangan produk biodiesel dan bio-avtur dari sawit, bioetanol dari tebu dan singkong, serta energi hijau lainnya dari angin, matahari, dan panas bumi.

"Pada 2029 dengan sumber daya alam yang ada, sangat optimis program biodiesel B50 dan campuran etanol E10 akan dapat tercapai," kata Prabowo-Gibran dalam buku tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat