yoldash.net

Telkomsel dan Singtel Akselerasi Digitalisasi Segmen Korporasi

Telkomsel Enterprise akan menghadirkan rangkaian solusi konektivitas yang luas dan holistik guna mempercepat adopsi 5G dan Edge Cloud Computing.
Melalui kolaborasi Telkomsel dan Singtel, platform Paragon akan terintegrasi dalam rangkaian produk Telkomsel Enterprise. (Foto: Telkomsel)

Jakarta, Indonesia --

Telkomsel bersiap menghadirkan solusi Orchestration Platform 5G dan Edge Cloud Computing pertama di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi terkini Singtel Paragon yang diwujudkan lewat kerja sama dengan Singtel.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam menjelaskan, 5G atau teknologi seluler generasi kelima yang memiliki latensi ultra-rendah, keandalan tinggi, dan kemampuan network slicing merupakan landasan upaya transformasi digital.

Melalui kolaborasi ini, teknologi yang tersedia bisa lebih mudah diakses oleh perusahaan Indonesia melalui Telkomsel Enterprise.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kolaborasi dengan Singtel memastikan kelanjutan roadmap transformasi digital perusahaan dengan terus berinovasi dan menerapkan teknologi terkini yang akan memajukan industri telekomunikasi dan bangsa melalui solusi-solusi unggulan," kata Wong.

Dirinya mengaku antusias atas kerja sama yang akan mengintegrasikan platform Paragon dalam rangkaian produk Telkomsel Enterprise.

Nantinya, Telkomsel Enterprise dapat menghadirkan rangkaian solusi konektivitas yang luas dan holistik guna mempercepat adopsi 5G dan Edge Cloud Computing bagi para korporasi dan industri, khususnya di bidang yang membutuhkan pemrosesan data berkecepatan tinggi dengan latensi rendah, seperti manufaktur, pertambangan, logistik, dan kesehatan.

Platform orkestrasi all-in-one Singtel Paragon untuk 5G edge computing dan cloud services secara signifikan mampu mengurangi kompleksitas, sumber daya operasional, dan biaya dalam mengelola layanan 5G dan edge computing.

Adapun akses kemampuan Paragon akan menurunkan hambatan untuk adopsi layanan multi-access edge computing (MEC) guna membuka efisiensi dan inovasi bisnis. Beberapa manfaat yang dapat dinikmati perusahaan Indonesia antara lain:

Network Slicing yang menghadirkan pengalaman konektivitas yang baru, sesuai kebutuhan layanan.

Paragon Platform Marketplace dengan berbagai penawaran plug-and-play keamanan siber, jaringan, dan konferensi video.

Application Programming Interfaces (API) Library dengan komponen dan alat perangkat lunak pre-build, memudahkan pengembang membuat aplikasi baru.

Multi-cloud management untuk menyederhanakan penyebaran beban kerja tanpa hambatan di seluruh platform layanan cloud.

Wong menambahkan, tak hanya menyediakan jaringan 5G sebagai solusi layanan, Telkomsel juga meluncurkan layanan Edge Cloud COmputing (ECC) melalui Paragon, yakni penyediaan akses ke komputasi latensi rendah, GPU, dan penyimpanan.

"Layanan ini sangat penting bagi pelanggan yang mengoperasikan aplikasi dan platform yang memerlukan pemrosesan data berkecepatan tinggi untuk pengambilan keputusan real-time yang akurat," tuturnya.

Sementara, terkait layanan konektivitas yang andal dan melampaui ekspektasi, Telkomsel bersiap memperkenalkan solusi fallback tanpa hambatan melalui platform Paragon, yang memastikan akses jaringan tidak terputus ke jaringan Telkomsel untuk pelanggan korporat.

Menurut Wong, pelanggan korporasi yang mengandalkan layanan private network akan terus menerima layanan dan konektivitas tanpa hambatan, sehingga ketahanan aktivitas bisnis bakal meningkat.

CEO Digital InfraCo Singtel, Bill Chang menyampaikan, perusahaan selama ini aktif merangkul teknologi 5G dan edge computing untuk memperkuat daya saing dan memanfaatkan peluang. Dirinya berharap, Singtel dapat memperluas dan memperdalam koneksi dengan Telkomsel melalui inovasi.

Saat ini, Paragon menjadi yang terdepan dalam revolusi, dengan membuat adopsi 5G dan edge computing lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah bagi perusahaan.

"Hubungan kami dengan Telkomsel yang sudah terjalin lama telah menghasilkan banyak kolaborasi yang bermanfaat. Kemitraan terbaru ini akan memungkinkan kami untuk meningkatkan transformasi digital perusahaan di ekonomi digital terbesar ASEAN," kata Bill.

#MWC2024 #TelkomselSeries

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat