yoldash.net

Cerita Pelaku Jastip Raup Cuan Jutaan Rupiah dari Jakarta X Beauty

Pelaku jasa titip (jastip) ikut meraup cuan dari acara Jakarta X Beauty yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Kamis (14/12).
Pelaku jasa titip (jastip) ikut meraup cuan dari acara Jakarta X Beauty yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Kamis (14/12). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).

Jakarta, Indonesia --

Pelaku jasa titip (jastip) ikut meraup cuan dari acara Jakarta X Beauty yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Kamis (14/12).

Salah satunya, Nia, yang membuka jastip dengan mengumumkan lewat Instagram pribadinya mulai kemarin malam.

Ia memberitahu format bagi mereka yang ingin jastip seperti nama, nomor telepon, produk yang ingin dibeli, dan alamat pengiriman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dengan begitu mereka yang ingin jastip tinggal mengisi format tersebut. "Mulai tadi pagi sih orderan masuk kaya misalnya minta tolong lihatin brand Luxcrime, Make Over, Erha dan lain-lain. Sampai tadi siang sih saya bisa open jastip sekitar 20 orang, katanya kepada Indonesia.com.

ADVERTISEMENT

Ia mengatakan jumlah orang yang jastip bertambah saat sudah di lokasi karena ia akan membagikan foto dan video produk yang dijual dengan berbagai diskon.

"Kalau ditotal ini sampai 4 sore tadi aku close order ya soalnya udah sore juga itu aku tutup di 35 jastip," katanya.

Dari open jastip hari ini, ia memperkirakan meraup omzet Rp2 juta.

"Untuk omzet saya belum hitung ya tapi kisarannya sih bisa tembus Rp2 juta untuk hari ini soalnya jumlah produk yang nitip banyak," katanya.

Biaya jastip yang ia kenakan sebesar Rp10 ribu per produk. Meski dikenakan biaya jastip, ia menilai konsumennya tetap untung karena harga produk yang dijual lebih murah dibandingkan dengan belanja di e-commerce.

Sementara untuk ongkos kirim dikenakan ke konsumen sesuai dengan alamat mereka masing-masing. Nia mengatakan produk yang diminati mayoritas produk kecantikan.

"Biasanya 1 customer itu bisa titip 3-5 produk. Karena kan sale-nya gede gede. Ya, jadinya mereka sekalian nitip itu banyak," katanya.

Sementara itu, pelaku open jastip lainnya, Yessica mengatakan ia baru memulai bisnis tersebut. Sehingga baru mendapatkan keuntungan Rp600 ribu per hari ini.

"Kalau biaya jastip variatif mulai dari Rp30 ribu sampai 10 persen dari harga barang," katanya.

Yessica menawarkan jastipnya melalui akun Instagram pribadinya serta membuat grup di Whatsapp untuk memudahkan komunikasi dengan konsumen.

"Produknya ada skincare, makeup, body care, dan lain-lain. Untuk merek terlaris sih dari local brand Avoskin, Somethinc, dan Skintific," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat