yoldash.net

2 Jenis Harta Karun Ditemukan Badan Geologi di Bledug Kuwu Grobogan

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menemukan dua jenis 'harta karun' baru di wilayah Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah.
Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menemukan dua jenis 'harta karun' baru di wilayah Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah. Ilustrasi. (REUTERS/AGUSTIN MARCARIAN).

Jakarta, Indonesia --

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menemukan dua jenis 'harta karun' baru di wilayah Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah.

Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral, Batu Bara, dan panas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM Moehammad Awaluddin mengatakan kedua harta karun itu adalah lithium dan boron.

Ia mengatakan ada potensi lithium yang besar di Wilayah Bledug Kuwu, Jawa Tengah. Saat ini pihaknya sedang memfokuskan kajian temuan sumber lithium baru di wilayah tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Menurut kita yang lebih menarik itu justru di Bledug Kuwu itu di Grobogan, Jawa tengah. Makanya kita fokus di sana," ujar Awaluddin saat ditemui di sela acara Badan Geologi di Hotel Jayakarta, Jakarta Barat, Kamis (7/12) seperti dikutip dari CNBCIndonesia.

ADVERTISEMENT

Ia menyebutkan sumber daya lithium yang ditemukan di wilayah tersebut berasal dari brine system atau lumpur dan air. Sampel air dan lumpur tersebut dikaji dengan dikeringkan yang akan menghasilkan kadar lithium hingga 10 kali lipat.

"Jadi ini jadi menarik dan cukup luas cekungannya. Ke depan kita akan studi lebih jauh geokimia, geofisika, atau hidrogeologinya," tambah dia.

Adapun, potensi jumlah besar lithium yang ditemukan di wilayah tersebut mencapai 1.000 PPM Lithium.

"Jadi kita ke depan prioritas di Bledug Kuwu, karena itu sampai 1.000 PPM lebih. Dan itu kan dalam satu cekungan besar yang artinya medan berburunya masih luas," pungkasnya.

Selain lithium, Awaluddin mengatakan wilayah tersebut juga menyimpan mineral yang disebut Boron. Ia mengatakan mineral Boron bisa dimanfaatkan untuk teknologi bahan bakar hidrogen.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat