yoldash.net

Taylor Swift, Pemusik Rp16 T yang Dianggap Juru Selamat Ekonomi AS

Taylor Swift jadi miliarder baru berharta Rp16,9 triliun dari karir musiknya. Tak cuma menggebrak panggung konser, ia jadi motor ekonomi.
Taylor Swift jadi miliarder baru berharta Rp16,9 triliun dari karir musiknya. Tak cuma menggebrak panggung konser, ia jadi motor ekonomi. (Foto: CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)

Jakarta, Indonesia --

Ia bukan sekadar ikon pop, tetapi ialah industri pop itu sendiri. Wanita berusia 33 tahun ini bukan cuma superstar, ia juga superhero yang jadi motor ekonomi sekitarnya.

Begitu banyak puja-puji yang diterima Taylor Swift. Kejeneniusannya dalam mencipta lagu hingga menggebrak panggung, membuatnya menjadi terkenal sejagat, juga kaya raya.

Oktober lalu, bintang pop itu jadi pendatang baru di daftar miliarder global versi Bloomberg Billionaires Index. Hartanya ditaksir tembus US$1,1 miliar atau Rp16,9 triliun (asumsi kurs Rp15.550 per dolar AS).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bloomberg menyebut Swift adalah salah satu dari sedikit entertainer yang menjadi kaum jetset cuma berdasarkan karya musik.

ADVERTISEMENT

Bersama Rihanna, namanya masuk dalam jajaran miliarder wanita AS dari hasil usaha sendiri pada 2021. Dua musisi ini menjadi crazy rich bukan hasil warisan, tetapi kerja kerasnya sendiri.

Bedanya, kekayaan Rihanna mayoritas berasal dari saham di bisnis kecantikan miliknya, Fenty Beauty. Sementara Swift cuma mengandalkan musik sebagai keran cuan.

Rihanna mungkin masih menjadi musisi wanita terkaya dunia dari musik dan bisnis kecantikannya, tetapi Swift merupakan entertainer dengan pendapatan tertinggi pada 2016 dan 2019 versi Forbes.

Pada 2022, peringkat Swift turun ke urutan ke-9 dengan pendapatan US$92 juta. Jumlah itu diperoleh dari penjualan fisik album, tiket konser, streaming Spotify dkk, unduhan digital, dan lisensi.

Di posisi puncak ada pionir rock Genesis dengan pendapatan US$300 juta, disusul Sting sebesar US$210 juta. Di 10 daftar entertainer paling profit itu juga ada duo pembuat serial The Simpsons yakni James L. Brooks dan Matt Groening, lalu aktor Brad Pitt dan sutradara Avatar, James Cameron.

Namun Swift diprediksi bakal merangkak lantaran penjualan tiket konser Tour Eras ludes di setiap negara tempat ia manggung.

Swift adalah penyanyi wanita pertama dan satu-satunya yang tiga kali menyabet Album of The Year dari Grammy Awards, untuk Fearless (2009), 1989 (2015) dan Folklore (2020).

Taylor Alison Swift. Itu nama lengkapnya. Lahir di West Reading, Pennsylvania pada 13 Desember 1989. Tak cuma hobi bernyanyi, Swift juga jago menulis lagu dan puisi.

Ketertarikan pada musik sudah terlihat sejak kecil. Saat berusia 9 tahun, Swift terlibat dalam pertunjukan drama musikal di sekolah.

Sebelum masyur sebagai bintang pop, awalnya Swift membawakan musik country. Lagu-lagu ciptaannya dibawakan sambil bermain gitar. Tembang Love Story termasuk salah satu karyanya yang paling booming saat awal berkarir.

Swift pun mengeksplorasi bakat dan minatnya dalam bermusik. Akhirnya ia merambah musik pop.

Di satu sisi, pilihan ini disayangkan penggemar terdahulunya yang lebih suka ia tetap menjadi country girl, dengan suara gitar cukup dominan dan musiknya. Namun di sini lain, Swift merengkuh pasar yang lebih luas. Banyak penggemar baru yang menggilai karya-karya jeniusnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya...

Memikat PM Kanada Justin Trudeau

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

HALAMAN:
1 2

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat