yoldash.net

Perdana, Indonesia Ekspor Mobil Listrik

Indonesia ekspor mobil listrik buatan dalam negeri untuk pertama kalinya dalam sejarah.
Indonesia ekspor mobil listrik buatan dalam negeri untuk pertama kalinya dalam sejarah. Ilustrasi. (Toyota Astra Motor).

Jakarta, Indonesia --

Indonesia ekspor mobil listrik buatan dalam negeri untuk pertama kalinya dalam sejarah. Ekspor tersebut dilakukan melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) untuk produk Toyota Innova Zenix berbasis kendaraan listrik hybrid.

Rencananya Kijang Innova Zenix bakal diekspor hingga sebanyak 8.800 unit pada 2023 ini, dengan komposisi 30 persen hybrid dan sisanya konvensional.

"Ini yang pertama kali untuk hybrid di Indonesia," kata Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono dikutip dari CNBC Indonesia dalam acara Kijang Innova Zenix Export Ceremony di Pabrik 3 TMMIN di Karawang, Selasa (21/2).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Direktur Operasional TMMIN Bob Azam juga menyebutkan ekspor mobil listrik berbasis hybrid ini memang merupakan yang pertama di Indonesia belum dilakukan merek mobil lainnya.

ADVERTISEMENT

Untuk tahap awal, Innova Zenix ini akan diekspor ke Timur Tengah dan Amerika Selatan. Ke depanny akan lebih banyak negara tujuan yang disasar.

"Ini sudah pecah telur akhirnya, ini yang pertama di Indonesia," kata Bob.

Bob mengatakan ekspor ini juga untuk menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi agar produsen mobil memperluas pasar global.

Jokowi sempat mengakui produksi kendaraan bermotor memang ada ekses kemacetan, sehingga perlu ada peningkatan ekspor.

"Kemarin kan Pak Jokowi meminta agar ekspor, hari ini kita tindak lanjuti," kata Bob.

Mobil yang diekspor ini memiliki kandungan lokal mencapai 70 persen dan akan terus ditingkatkan dari tahun ke tahun dengan target mencapai 17 ribu unit pada 2025.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat