yoldash.net

PLN Pastikan Listrik di Flores Aman usai Diguncang Gempa

PT PLN (Persero) memastikan sistem kelistrikan di Kabupaten Flores Timur, NTT, kembali aman usai diguncang gempa magnitudo 7,4 pada Selasa (14/12).
PT PLN (Persero) memastikan sistem kelistrikan di Kabupaten Flores Timur, NTT, kembali aman usai diguncang gempa magnitudo 7,4 pada Selasa (14/12). Ilustrasi. (Arsip BNPB).

Jakarta, Indonesia --

PT PLN (Persero) memastikan sistem kelistrikan kembali aman setelah gempa magnitudo 7,4 mengguncang Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (14/12) pagi waktu setempat.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Agung Murdifi menyampaikan saat ini sistem kelistrikan di Pulau Flores dan Pulau Alor yang terdampak gempa dalam kondisi aman dan tidak ada pemadaman listrik.

Namun khusus di wilayah Adonara sempat terjadi gangguan antar jaringan karena tegangan menengah bersentuhan saat kejadian.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sistem Pulau Flores saat ini dipasok dari PLTMG Rangko, PLTMG Maumere, PLTP Ulumbu, PLTS Wewaria dan pembangkitan lainnya serta transmisi dalam kondisi aman dan tidak ada pemadaman listrik di Sistem Pulau Flores. Hanya PLTU Ropa yang masih dimatikan karena terindikasi muka air laut mengalami kenaikan," kata Agung melalui keterangan resmi, Selasa (14/12).

Ia juga mengatakan, untuk wilayah Adonara sempat mengalami padam. Namun, sejak pukul 16.00 WITA, dari 194 gardu yang terdampak di Adonara, seluruhnya berhasil dinormalkan.

ADVERTISEMENT

Oleh sebab itu, menurut Agung saat ini dari total 38.085 pelanggan terdampak telah menikmati aliran listrik PLN kembali. Adapun total pelanggan di seluruh NTT mencapai 1 juta pelanggan.

"Kami bersyukur dampak gempa ini pada infrastruktur kelistrikan tidak parah," imbuhnya.

Lebih lanjut, Agung menuturkan pada saat kejadian, tim lapangan siaga melaporkan kondisi pasokan listrik. Ia juga bersyukur peringatan dini tsunami telah dicabut. Meski demikian, ia tetap waspada untuk pasokan listrik.

Daya mampu sistem kelistrikan Flores saat ini mencapai 89,8 MW dengan beban puncak 74,4 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 15,4 MW. Petugas di lapangan tetap siaga mengamankan pasokan kelistrikan serta intensif berkoordinasi dengan dinas dan instansi terkait.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk melapor melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center PLN 123 apabila terdapat gangguan kelistrikan yang dialami di sekitarnya," pungkas Agung.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat