yoldash.net

UMKM Cuma Sumbang 5 Persen ke Total Ekspor RI

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyebutkan bahwa nilai ekspor dari pelaku usaha cilik dan menengah alias UMKM hanya 5 persen dari total nilai ekspor RI.
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyebutkan bahwa nilai ekspor dari pelaku usaha cilik dan menengah alias UMKM hanya 5 persen dari total nilai ekspor RI.(/Ardan Adhi Chandra).

Jakarta, Indonesia --

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyebutkan bahwa nilai ekspor dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) hanya 5 persen dari total nilai ekspor RI. Sedangkan sisanya berasal dari pengusaha besar.

Padahal, ia menyebut secara jumlah UMKM masih mendominasi. Dari total 16 ribu eksportir, sekitar 85 persen atau 13.600 di antaranya merupakan pelaku UMKM.

"Kalau kami lihat jumlah dari 16 ribu eksportir, 85 persen adalah UMKM. Tapi permasalahannya, UMKM hanya 5 persen dari nilai ekspor itu. Sedangkan 95 persen value dari pengusaha besar," papar Lutfi pada konferensi pers kinerja Kemendag Agustus, Jumat (17/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di sisi lain, ia menyebut pelaku UMKM yang memasarkan produknya dengan teknologi atau e-commerce bisa meraup nilai tambah.

Mengutip studi Asian Development Bank (ADB), UMKM yang melek teknologi meraup nilai lebih 36 persen dari sebelum menggunakan platform digital. Oleh karena itu, Lutfi menilai digitalisasi adalah kunci agar pelaku UMKM bisa bersaing dengan pelaku usaha besar baik secara kuantitas maupun nilai.

Sejalan dengan itu, Lutfi menargetkan pada tahun depan dapat menarik setidaknya 1 juta pelaku usaha ke platform digital, baik yang berjualan di dalam negeri maupun yang membidik pasar ekspor.

"Apa yang kami kerjakan kami akan pacu UMKM lebih banyak ke eksportirnya supaya value tumbuh jadi kita pastikan produk bisa bersaing di pasar global," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]



(wel/age)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat