yoldash.net

Kaca Kockpit 'Aneh', Batik Air Tunda Penerbangan Palu-Jakarta

Batik Air menunda penerbangan rute Palu-Jakarta usai teknisi mereka menemukan kejanggalan pada lapisan kaca kockpit.
Batik Air menunda penerbangan rute Palu-Jakarta karena lapisan kaca kokpit (cockpit windshield) di bagian kiri pesawat mereka bermasalah. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal).

Jakarta, Indonesia --

Maskapai Batik Air menunda penerbangan nomor ID-6561 rute Palu, Sulawesi Tengah, menuju Jakarta. Pesawat yang dijadwalkan terbang dari Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufri pukul 07.00 WITA dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 08.45 WIB ini ditunda karena teknisi menemukan kejanggalan.

Kejanggalan yang dimaksud adalah garis melengkung sepanjang kurang lebih 30 centimeter pada permukaan lapisan kaca kokpit (cockpit windshield) di bagian kiri.

"Mengenai penyebabnya, masih dalam tahap pemeriksaan," jelas Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro lewat rilis, Senin (8/3).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Danang menyebut hal itu diketahui saat pihaknya melakukan pengecekan pesawat sebelum keberangkatan (pre-flight check).

Adapun fungsi lapisan kaca ialah menahan, mengalirkan tekanan, serta menciptakan film tembus pandang di kaca depan guna menunjang penglihatan pilot.

"Oleh karena itu, lapisan dan kaca harus bersih yang berguna sebagai alat bantu awak kokpit (pilot) agar dapat mudah terhubung atau melihat jelas secara visual dengan kondisi di luar pesawat," terang Danang.

Pesawat kini tengah menjalani pengecekan lebih lanjut sehingga membutuhkan waktu pengerjaan. Perusahaan menyatakan komponen pengganti (spare part) rencananya didatangkan dari Balikpapan dengan perkiraan tiba di Palu pukul 12.40 WITA.

[Gambas:Video CNN]

Dengan estimasi pengerjaan penggantian membutuhkan waktu berkisar 2 jam, maskapai memutuskan untuk menunda jadwal keberangkatan dan memberikan kompensasi kepada 151 penumpang terdampak.

Kompensasi yang diberikan sebagai berikut:

1. Pembagian makanan ringan (snack) dan makanan berat (heavy meals) sesuai durasi jam keterlambatan;

2. Kompensasi berupa uang Rp300 ribu;

3. Perubahan jadwal keberangkatan (reschedule);

4. Pengembalian dana dari tiket tunai (refund cash);

5. Pindah terbang terdekat dengan Batik Air (transfer flight) rute Palu - Makassar - Jakarta 14 tamu;

6. Pindah terbang terdekat dengan Wings Air dan Batik Air(transfer flight)rute Palu - Luwuk - Makassar- Jakarta 46 tamu

(well/agt)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat